Wah, Jack Ma Mengaku Kebingungan Soal Bitcoin

Konglomerat asal China Jack Ma bingung dengan Bitcoin. Dia mengaku tidak tertarik mempelajari mata uang digital ini.

Padahal seperti diketahui, perusahaannya menumpahkan sumber daya yang tidak sedikit untuk pengembangan blokchain mata uang digital, semacam pembukuan yang mencatat segala transaksi yang pernah terjadi di jaringan bitcoin.

Pendiri sekaligus bos Alibaba ini mengatakan, dirinya berulang kali ditanya mengenai Bitcoin di berbagai konferensi World Internet Conference yang digelar pekan lalu di Wuzhen, China.

“Jujur saja, saya hanya tahu sedikit soal itu dan saya bingung,” sebut Jack.

Dia mengingatkan, jika Bitcoin terbukti lebih dari sekadar lonjakan dalam radar ekonomi, ini akan sepenuhnya meningkatkan tatanan internasional.

“Jikapun berhasil, keseluruhan aturan internasional dalam perdagangan dan finansial akan berubah total. Kami menghabiskan banyak upaya dalam teknologi dan pengembangan blockchain,” sebutnya.

Ma menekankan bahwa upaya Alibaba dalam teknologi blockchain akan terbatas pada aplikasi yang beroperasi di dalam perintah ekonomi saat ini.

Alibaba sendiri sudah meluncurkan insiatif blokchain yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan dan memerangi penjualan makanan palsu.

“Saya rasa kita belum siap untuk itu,” kata Jack, menjawab pertanyaan apakah Alibaba akan membuat lompatan dalam ranah mata uang digital.

“Kami akan fokus pada AliPay dan teknologi lain yang fokus pada pengembangan atau uang RMB, USD, EUR dan mata uang yang dikeluarkan negara lainnya. Bitcoin bukan untuk saya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *