Twitter Larang Iklan Cryptocurrency, Bitcoin Terjun Bebas 7% ke USD7.886

Bitcoin turun sekitar 7% hingga di bawah USD8.000, setelah adanya ketidakpastian peraturan dan pelarangan iklan oleh perusahaan teknologi. Akibatnya, Bitcoin merosot lebih dari 40% setelah Twitter mengumumkan larangan iklan kripto.

Menurut data dari Coinbase, cryptocurrency diperdagangkan mendekati USD7.886 setelah turun lebih dari USD600. Mata uang digital Ini turun lebih dari 42% tahun ini, setelah memulai 2018 di atas USD13.000.

Twitter mengumumkan akan melarang iklan untuk cryptocurrency, mengikuti larangan serupa oleh Google dan Facebook untuk menindak penipuan di penawaran koin awal.

Timothy Tam, pendiri platform intelijen crypto-market CoinFi menilai, berita tentang larangan Twitter kemungkinan besar menjadi kontributor signifikan terhadap aksi jual yang tajam. Investor ritel yang baru memasuki cryptocurrency, sebagian besar dari mereka langsung melakukan aksi jual.

Mata uang digital turun 12% pada akhir Januari setelah Facebook, penyedia iklan online terbesar kedua di dunia, mengatakan akan melarang semua iklan yang mempromosikan cryptocurrency untuk mencegah praktik penipuan.

Google, penyedia iklan online terbesar di dunia, mengumumkan pembaruan terhadap kebijakan layanan keuangannya pada Maret, yang akan membatasi iklan untuk mata uang kripto dan konten terkait mulai Juni.

Di sisi lain, berita bahwa akan ada regulasi baru telah menjadi penggerak harga pada 2018. Pengawas keuangan telah vokal tentang potensi risiko dalam penawaran koin awal, atau koin digital yang dirilis melalui pengumpulan dana yang dikenal sebagai penjualan token.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS meningkatkan upaya untuk mengawasi proses penggalangan dana, melalui sejumlah panggilan dari pengadilan yang dilaporkan pada Maret.

Coinbase mencatat Bitcoin telah turun sekitar 60% dari harga tinggi mendekati USD20.000 pada Desember. Bitcoin mulai jatuh di bawah USD10.000 tiga minggu lalu, setelah Securities and Exchange Commission mengatakan aset digital harus mendaftar ke agensi.

Harga sempat pulih ke kisaran USD9.000 minggu lalu, setelah pertemuan G-20 di mana para bankir dan menteri keuangan mengatakan mereka memiliki diskusi “produktif” tentang cryptocurrency. Pemimpin bank sentral Italia mengatakan bahwa cryptocurrencymenimbulkan risiko tetapi tidak boleh benar-benar dilarang.

Bitcoin turun sekitar 29%, ethereum telah jatuh 45%, sementara litecoin sebesar 40% sejak 1 Januari, menurut Coinbase. Sedangkan Ripple telah turun lebih dari 38% sejak awal tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *