Tablet Nexus 7 Disulap Jadi Mesin ATM Bitcoin

Setelah di Kanada dan Eropa, mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bitcoin kini hadir di London, Inggris – menawarkan pengguna untuk menukar uang tunai miliknya ke mata uang digital dalam hitungan detik.

Berbeda dengan ATM Bitcoin lainnya, mesin yang dibuat oleh produsen bernama Lamassu ini pada dasarnya adalah sebuah tablet Google Nexus 7 yang dimodifikasi dengan aplikasi dan hardwaretambahan yang dirancang khusus untuk memindai kode QR. Demikian seperti dikutip dari Telegraph, Sabtu (7/3/2014).

Cara pengoperasiannya, pengguna hanya cukup menggunakan aplikasi mobile wallet di smartphoneuntuk menampilkan kode QR, yang kemudian mesin ATM ini memindai kode QR tersebut dan langsung mengirimkan uang ke dompet Bitcoin mereka.

Sebelumnya, perusahaan bernama Robocoin Technologis telah membuka mesin ATM Bitcoin di Seattle, Amerika Serikat pada bulan Februari 2014. Robocoin merupakan perusahaan yang pertama kali membuka ATM Bitcoin di dunia.

Perusahaan yang berbasis di Las Vegas itu pertama kali membuka ATM Bitcoin di Vancouver, Kanada pada Oktober 2013 dan membuka ATM di Calgary, Alberta pada akhir Februari 2014. Perusahaan itu juga berencana membuka ATM Bitcoin di Asia dan Eropa.

Mesin ATM Bitcoin akan membuat masyarakat bisa melakukan penukaran uang tunai ke bitcoin atau menukar uang di tabungan ke bitcoin dengan cara mentransfer dana ke atau dari dompet virtual melalui smartphone mereka.

Bitcoin mulai diperkenalkan pada tahun 2009 dan resmi diluncurkan pada Februari 2010. Mata uang virtual ini diperdagangkan melalui jaringan komputer global, namun hingga saat ini belum mendapatkan dukungan legal dari pemerintah di negara manapun di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *