Samsung Siap ‘Jajal’ Bisnis Mata Uang Digital

Semakin populernya koin digital serta aktivitas penambangan menarik Samsung ikut terjun ke bisnis tersebut. Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut baru saja mengonfirmasi akan memproduksi cip yang ditujukan khusus untuk menambang koin digital.

Cip yang akan dibuat oleh Samsung bukan cip untuk CPU (Central Processing unit) atau GPU (Graphics Processing Unit), melainkan untuk mesin ASIC (Application Specific Integrated Circuit), mesin yang khusus dipakai untuk menambang Bitcoin dan sejenisnya.

Samsung dikabarkan menggandeng distributor asal China untuk mewujudkan cip tersebut.

“Bisnis Samsung saat ini merambah ke manufaktur cip untuk menambang cryptocurrency. Namun kami tak bisa menjelaskan lebih jauh atas alasan pelanggan kami,” ujar juru bicara Samsung seperti dilaporkan oleh Techcrunch, Rabu (31/1).

Samsung sebenarnya sudah memproduksi cip GPU yang selain bisa dipakai di komputer, juga bisa dipakai untuk menambang koin digital. Bahkan sejumlah media di Korea Selatan melaporkan Samsung sudah menggandeng mitra distributor di China untuk membuka jalan bisnis baru mereka.

Keputusan Samsung merambah ekosistem koin digital adalah hal wajar. Bisnis yang dimotori oleh Bitcoin itu sedang di puncak popularitasnya. Lagipula, Samsung punya kapasitas manufaktur yang lebih dari cukup.

Bahkan pada 2017 kemarin, mereka memperoleh US$69 miliar dari penjualan cip semata. Selama ini mesin tambang yang dipakai untuk ‘menggali’ koin digital didominasi oleh merek asal China yakni Bitmain dan Canaan Creative.

Keduanya didukung oleh raksasa semikonduktor asal Taiwan yakni Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Semenjak berkembangnya aktivitas tambang koin digital, TSMC mendapat tambahan pos pemasukan dari sana dengan angka yang terus meningkat.

Salah satu CEO TSMC Mark Liu berkata pemasukan dari penjualan cip mesin penambang koin digital sekitar Rp4,7 triliun hingga Rp5,3 triliun di kuartal akhir 2017. Liu memperkirakan angka itu akan bertambah lagi pada 2018 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *