Penambangan Bitcoin Bikin Harga GPU Meroket

Semakin tingginya intensitas terhadap aktivitas penambangan Bitcoin dan cryptocurrency lain, berpengaruh pada kelangkaan stok GPU.

Dengan semakin besarnya minat investor dari berbagai lapisan terhadap cryptocurrency, hal tersebut membuat nilai mata uang digital akan mengalami kecenderungan untuk meningkat.

Salah satu cara mendapatkan Bitcoin dan mata uang virtual lainnya adalah dengan melakukan ‘penambangan’. Aktivitas ini berkaitan dengan penyelesaian permasalahan komputasi berbentuk puzzle cryptographic yang kompleks.

Untuk itu, diperlukan hardware dengan spesifikasi yang mumpuni dalam menyelesaikan puzzle cryptographic tersebut menggunakan microchip bernama ASICs (application-specific integrated circuits) atau melalui serangkaian GPU yang digabungkan.

Maraknya aksi penambangan ini secara tidak langsung berdampak pada meroketnya harga GPU (graphics processing unit). Hal ini dikarenakan tingginya permintaan terhadap kartu grafis tersebut, yang membuat para peritel mengalami kelangkaan stok.

Terlebih, banyaknya para penggila cryptocurrency yang membeli perangkat tersebut dalam jumlah besar untuk membangun mesin penambang yang mumpuni.

Fenomena ini pun tidak pandang bulu, bercermin pada kenyataan yang menunjukkan bahwa kartu grafis dari AMD hingga NVIDIA, baik kelas menengah maupun high-end, mengalami kelangkaan.

Berikut peningkatan harga pada beberapa GPU milik AMD dan NVIDIA lewat perbandingan antara MSRP (manufacturer’s suggested retail price), atau harga ritel yang disarankan, dengan harga di pasaran berdasarkan data yang dikumpulkan oleh GameSpot:

Meningkatnya harga GPU pun berdampak buruk bagi para penggemar game di PC, karena mereka akan berpikir dua kali untuk terus membangun komputernya agar lebih baik lagi. Parahnya lagi, diperkirakan peningkatan banderol GPU ini pun berdampak di seluruh dunia.

Terkait masalah ini, NVIDIA sudah memberikan saran bagi para peritel yang bekerja sama dengannya untuk lebih memprioritaskan para gamer dibandingkan dengan penambang. Meskipun begitu, margin tinggi yang dapat dikeruk oleh para peritel membuat saran tersebut akan sulit untuk direalisasikan.

GameSpot pada Kamis (1/2/2018), salah satu solusi bagi yang gemar membangun PC adalah dengan membeli komputer yang sudah separuh jadi.

Walaupun secara garis besar membangun PC dari awal lebih ekonomis dibanding membeli yang sudah separuh jadi, namun hal tersebut tidak berlaku pada tren terkini terhadap harga GPU.

Bagi yang masih gigih untuk tetap membuat PC dari nol, tidak ada salahnya untuk menggunakan ekstensi pada browser, seperti Honey, yang dapat menyediakan semacam notifikasi ketika harga GPU sudah turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *