Parah! Ilmuwan Ini Tambang Bitcoin di Lab Nuklir

Menambang Bitcoin memang membutuhkan kekuatan komputasi yang sangat tinggi, namun yang dilakukan oleh ilmuwan ini sungguh keterlaluan. Ia menambang Bitcoin menggunakan komputer super yang dipakai di laboratorium senjata nuklir.

Ilmuwan yang tak disebut identitasnya itu mencoba menggunakan komputer super milik lab yang mempunyai kekuatan komputasi 1 petaflop untuk menambang Bitcoin. Komputer super itu sejatinya digunakan untuk menyimulasikan pengujian desain senjata nuklir.

Untungnya, demi keamanan, komputer itu memang didesain untuk tak terkoneksi ke internet, sehingga si ilmuwan harus menghubungkannya ke internet untuk melakukan penambangan bitcoin. Hal ini tentu membuat pihak keamanan laboratorium langsung menyadari hal ini.

Laboratorium yang dimaksud berada di Rusia, yang bernama Federal Nuclear Centre di kota Sarov, Rusia bagian barat. Ini adalah fasilitas yang dijaga sangat ketat, dan juga tempat Uni Sovyet mendesain bom nuklirnya yang pertama.

Dalam keterangan resmi dari pusat penelitian nuklir itu, mereka mengakui adanya pelanggaran penggunaan komputer di dalam fasilitas tersebut, tepatnya untuk keperluan pribadi, termasuk menambang bitcoin, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (12/2/2018).

Ada seorang ilmuwan yang mencoba melakukan hal tersebut, dan kini sudah ditangkap serta diserahkan ke Federal Security Service. Tuntutan hukuman memang sudah dialamatkan ke ilmuwan tersebut, meski belum terungkap ada berapa ilmuwan yang terlibat dalam kasus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *