Miliarder Bitcoin Sarankan Hindari Koin Digital, Lho Kok?

Harga Bitcoin yang menjulang telah menyebabkan banyak investor tersenyum lebar. Pasalnya, investasi yang mereka tanamkan di Bitcoin telah melonjak beribu kali lipat.

Salah satu investor tersebut yakni Grant Sabatier, yang pertama kali menginvestasikan USD5.000 pada bitcoin pada 2013. Saat itu, harga Bitcoin menginjak USD72 per koin dan sekarang memiliki sekitar 69,2 bitcoin.

Pertama kali dia mendengar tentang bitcoin adala di 2011, saat itu dia menonton film dokumenter dan mulai membaca forum tentang mata uang kripto tersebut, dan akhirnya memutuskan untuk membelinya. Grant Sabatier memutuskan untuk membeli sebagai percobaan jangka panjang dan menggunakan kurang dari 1% kekayaan bersih yang saya punya saat ini untuk membeli bitcoin.

“Tentu, saya ingin menghasilkan uang dari situ. Tapi jika ternyata saya kehilangan segalanya, itu tidak akan mengubah jalan hidup saya,” ujarnya seperti dilansir dari CNBC.

Saat ini, bitcoin diperdagangkan dengan harga USD16.600, dan membuat kekayaannya mencapai USD1,14 juta. Kekayaan tersebut setara dengan lima tahun kerja keras selama 80 jam seminggu, di pasar saham. Namun, dengan bitcoin, Grant bisa mendapatkan lebih dari USD1 juta dalam satu tahun Ini sejauh ini, tanpa diragukan lagi inilah penghasilan termudah yang pernah dia capai.

Meski mendapatkan ‘durian runtuh’ dari Bitcoin, tapi Grant tidak menyarankan Anda untuk berinvestasi di Bitcoin hari ini. Dalam blog miliknya, dia telah menerima lebih dari 100 email dari pembaca yang bertanya tentang investasi di bidang bitcoin dan kriptocurrencies lainnya. Meski demikian, dia tidak menyarankan Anda berinvestasi sepenuhnya dalam bitcoin hari ini.

Kenapa? Berikut adalah sederet alasan Grant tidak merekomendasikan koin digital ini sebagai investasi utama Anda.

1. Sulit Menentukan Harga Bitcoin

Bitcoin adalah barang yang digemari oleh masyarakat global. Bahkan, tukang cukur yang tahu apa itu “blockchain” akan membelinya. Karena begitu banyak orang baru yang membelinya dan dengan waktu yang begitu cepat, tidak mungkin untuk menilainya secara akurat.

Bila harga berfluktuasi 20%-30% dalam satu hari, ini jelas merupakan hal yang tidak stabil, sehingga Anda bisa kehilangan semua uang Anda dengan sangat cepat. Apalagi, jika Anda membutuhkan uang Anda di tahun depan, jangan membeli bitcoin. Dengan fluktuasi jangka pendek yang gila, bitcoin adalah perjudian dalam jangka pendek, bukan sebuah investasi.

2. Bitcoin mungkin tidak ada nilainya

Nilai di balik bitcoin adalah teknologi “blockchain” hal yang mudah direplikasi oleh mata uang digital lainnya. Banyak dari mereka yang telah benar-benar membangun versi lebih baik dan mudah digunakan.

Litecoin adalah contoh yang bagus. Tentu, bitcoin memiliki keuntungan sebagai pelopor koin digital yang diciptakan untuk membeli dan menjual barang secara online dengan aman. Tapi saat ini, tidak ada yang melakukannya karena harganya sangat gila dan biaya transaksi melonjak.

Biaya pengiriman bitcoin juga melonjak karena harganya berfluktuasi begitu liar, nilainya bisa jauh lebih tinggi atau bisa lebih rendah daripada saat Anda mengirim uang. Kebanyakan orang tidak membeli nilai teknologi, mereka membeli “hype”. Ini adalah perjudian, bukan investasi.

3. Bitcoin masih belum aman

Anda mungkin berpikir bahwa dompet digital sangat aman, tapi pertukaran kriptografi dan dompet terus diretas secara teratur. Lebih dari USD70 juta pada bitcoin diretas dari NiceHash, pasar pertambangan bitcoin, pekan lalu.

Hanya karena pertukaran seperti Coinbase memiliki dana usaha sebesar USD200 juta dan pasar mengkilap yang bagus, tidak berarti mereka juga tidak dapat diretas. Karena tidak ada bahan pengatur utama yang menjamin kerugian, jika Anda kehilangannya sulit untuk mendapatkan aset itu kembali. Jika dicuri, berarti Anda kurang beruntung.

Jika Anda memutuskan untuk membeli bitcoin, jangan membeli menggunakan lebih dari 1% dari kekayaan Anda, dan jujurlah dengan diri Anda sendiri. Bitcoin adalah judi, bukan investasi. Ini sangat berisiko dan ada tempat yang jauh lebih baik untuk menginvestasikan uang Anda dengan aman baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *