Menjaga Bujet Awal Tahun, BI Melarang Pembayaran dengan Bitcoin

Berita tentang penerbitan surat utang negara berdenominasi dolar Amerika Serikat oleh pemerintah serta persiapan Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang larangan pembayaran dengan bitcoin menjadi sorotan sejumlah media massa hari ini, Rabu (6/12/2017).

Berikut rincian topik utama di sejumlah media nasional hari ini:

Menjaga Bujet Awal Tahun. Kebutuhan penyediaan dana anggaran pada awal 2018 yang cukup besar mendorong pemerintah menerbitkan surat utang negara berdenominasi dolar Amerika Serikat atau global bond senilai US$4 miliar. (Bisnis Indonesia)

Konsumsi Domestik Naik, Ekspor Tergerus. Peningkatan konsumsi ikan di dalam negeri ternyata menyebabkan ekspor komoditas tersebut pada tahun ini tergerus 5%. Ini merupakan kinerja terburuk sejak 2012. (Bisnis Indonesia)

Daya Beli Petani Masih Rentan. Tren kenaikan nilai tukar petani (NTP) pada kuartal akhir ini belum dapat menjadi pertanda daya beli petani meningkat. Pasalnya, harga barang dan jasa yang dikonsumsi petani juga mengalami kenaikan pada November. (Bisnis Indonesia)

Saham BUMN Konstruksi Ambruk. Harga mayoritas saham emiten konstruksi ambruk. Isu seretnya likuiditas keuangan turut membayangi kejatuhan saham sektor konstruksi, terutama emiten konstruksi BUMN. (Kontan)

BI Melarang Pembayaran dengan Bitcoin. Bank Indonesia (BI) akhirnya akan bersikap tegas terhadap mata uang digital, terutama bitcoin. Otoritas bank sentral di Tanah Air tengah menyiapkan aturan yang akan melarang pembayaran menggunakan bitcoin, mulai tahun depan. (Kontan)

17 Saham Pilihan 2018. Kalangan analis merekomendasikan sebanyak 17 saham yang bisa menjadi pilihan investor pada 2018. Potensi keuntungan (capital gain) dari saham-saham tersebut berkisar 10,7-227%. Saham sektor perbankan, komoditas, konsumsi, serta infrastruktur-konstruksi bakal berkibar. (Investor Daily)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *