Mau Investasi Bitcoin? Yuk, Belajar dari 10 Pemain Bitcoin Terkaya Dunia

Semenjak sistem cryptocurrency diperkenalkan ke dunia, terlebih lewat meledaknya pembicaraan seputar Bitcoin, investasi menjadi topik yang seksi untuk kembali dibicarakan.

Ditulis oleh Swara Tunaiku, Cryptocurrency atau mata uang digital sebenarnya sudah mulai dipopulerkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Alasan kenapa cryptocurrency menarik adalah sistemnya yang terdesentralisasi, tidak seperti mata uang kebanyakan yang tersentralisasi.

Dan kenapa Bitcoin sendiri sangat populer sebagai wahana investasi adalah karena nilai mata uang digital yang terus bertambah nilainya. Sepanjang tahun 2017 kemarin, nilai cryptocurrency melonjak dahsyat hingga melebihi US$ 600 miliar. Hal ini yang kemudian berimbas kepada lahirnya banyak miliarder baru.

Namun tentu saja seperti halnya investasi pada umumnya, besar peluang untung, besar juga peluang ruginya. Fluktuasi pada mata uang digital sangatlah dinamis, risiko untuk bangkrut dan menjadi kaya mendadak sama-sama terbuka luas. Oleh karena itu, untuk yang ingin berivestasi cyptocurrency, harus benar-benar memiliki kemampuan membaca peluang yang lihai.

Kalau Anda memang benar-benar berminat untuk berinvestasi, berikut ini adalah 10 orang dengan kepemilikan aset cryptocurrency terkaya di dunia. Mungkin bisa menjadi motivasi bagi yang ingin memulai berinvestasi.

Berikut uraiannya:

1. Joseph Lubin (Co-founder Ethereum dan founder Consensys)

Nilai kekayaan: US$ 1-5 miliar

Joseph Lubin dulunya adalah seorang eksekutif di Goldman Sachs dan dia juga ikut mendirikan platformblockchain Etereum. Selain itu, dia terdaftar sebagai pendiri Consensys yang memiliki cabang di 28 negara serta membantu peluncuran cryptocurrency.

Pada tahun 2016 kemarin, nilai seluruh Etherium di seluruh dunia sudah menembus angka US$ 905 juta (sekitar Rp 12 triliun). Bisa dibilang mata uang Ether adalah salah satu mata uang digital yang bisa menyaingi kepopuleran Bitcoin.

2. Cameron dan Tyler Winklevoss (Co-founder Winklevoss Capital)

Nilai kekayaan: US$ 900 juta-1 miliar

Memiliki aset di saat masa kepopuleran Bitcoin pada tahun 2012, saudara kembar asal Amerika ini berani bertaruh dengan menahan Bitcoin yang mereka punya.

Hasilnya berbuah manis, aset cryptocurrency yang mereka punya kini bernilai seharga US$ 900 juta (Rp 12,2 triliun) hingga US$ 1,1 miliar (Rp 14,9 triliun).

3. Brian Armstrong (CEO Coinbase)

Nilai kekayaan: US$ 900 juta-1 miliar

Brian Armstrong adalah salah satu perintis pusat perdagangan cryptocurrency di Amerika lewat platform jual beli Coinbase yang didirikannya. Jumlah kekayaan cryptocurrency milik Armstrong ada di kisaran US$ 900 juta (Rp 12,2 triliun) hingga US$ 1 miliar (Rp 13,6 triliun).

4. Anthony Di Iorio (Co-founder Ethereum)

Nilai kekayaan: US$ 750 juta-1 miliar

Bersama Joseph Lubin, Anthony mendirikan platform blockchain Ethereum dan membawanya masuk ke dalam daftar ini. Keahlian Anthony dalam membaca peluang pada fluktuasi mata uang virtual dijadikan strategi untuk mendulang keuntungan yang luar biasa.

Membeli lebih awal, lalu setelah nilanya naik, keuntungannya dia gunakan untuk membeli mata uang virtual lainnya yang berprospek bagus. Dengan cara seperti itu, kekayaannya mencapai US$ 750 juta (Rp 10,2 triliun) hingga US$ 1 miliar (Rp13,6 triliun).

5. Michael Novogratz (CEO Galaxy Digital)

Nilai kekayaan: US$ 700 juta-1 miliar

Sudah sukses sebagai miliarder dan manajer lindung nilai, pria berusia 53 tahun ini kembali meraih kejayaan pada tahun 2013 lewat investasi cryptocurrency.

CEO Galaxy Digital ini tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan nilai aset kekayaan uang virtual di kisaran US$ 700 juta (Rp 9,5 triliun) sampai US$ 1 miliar (Rp 13,6 triliun).

6. Chris Larsen (Pendiri dan mantan CEO Ripple)

Nilai kekayaan: US$ 37,3 miliar

Menurut data dari Business Insider pada awal tahun 2017, Ripple milik Chris Larsen cukup diminati banyak orang. Saking populernya, nilai mata uang digital ini mengalami kenaikan hingga 37 ribu persen.

Sejak mendirikan Ripple pada tahun 2012, Larsen tercatat memiliki aset sebesar 5,19 miliar dalam bentuk cryptocurrency. Adapun jika dikonversi dengan nilai tukar Ripple saat ini, diperkirakan Larsen memiliki kekayaan sebesar US$ 12,82 miliar.

Dan menurut Forbes, 17 persen kepemilikan Larsen pada perusahaan yang dia dirikan itu membuat kekayaannya melambung sampai angka US$ 37,3 miliar.

7. Changpeng Zao (CEO Binance)

Nilai kekayaan: US$ 1,1-2 miliar

Pria yang akrab disapa CZ ini berhasil menjalankan bisnis pertukaran mata uang digital, Binance, hanya dalam waktu 7 bulan saja. Sekarang, Binance dianggap sebagai salah satu penyedia platform cryptocurrency terbesar di dunia.

Dengan pengguna Binance yang sudah mencapai lebih dari 6 juta orang dan bisnisnya tersebar di tiga negara yang jauh dari regulasi anti mata uang virtual, kekayaan Zhao di mata uang virtual berada di kisaran US$ 1,1 miliar (Rp 14,9 triliun) sampai US$ 2 miliar (Rp 27,2 triliun).

8. Matthew Mellon (Investor individu)

Nilai kekayaan: US$ 900 juta-1 miliar

Walaupun sempat ditentang oleh keluarga dan kawan-kawannya perihal keinginannya berinvestasi pada mata uang virtual, Mellon bersikukuh untuk tetap membeli XRP (token mata uang virtual yang diterbitkan Ripple).

Keputusannya tersebut berbuah manis. Mellon masuk dalam daftar 10 orang terkaya dengan aset cryptocurrency dengan total nilai kekayaan mencapai US$ 1 miliar (Rp 13,6 triliun) dari sejumlah mata uang digital yang dia miliki.

9. Matthew Roszak (Co-founder Blog dan Founder Tally Capital)

Nilai kekayaan: US$ 900 juta-1 miliar

Entah karena keberuntungan dalam menebak atau memang kemampuannya membaca masa depan, saat pertama kali mengetahui dan mengenal Bitcoin pada 2011, Roszak seakan tahu bahwa mata uang virtual ini akan berjaya di masa depan.

Karena itulah, ia kini mendulang kekayaan dari Bitcoin. Hingga kini, asetnya mencapai US$ 900 juta (Rp 12,2 triliun) hingga US$ 1 miliar (Rp13,6 triliun).

10. Brock Pierce (Chairman Bitcoin Foundation dan penasihat Block.one)

Nilai kekayaan: US$ 700 juta-1 miliar

Anggota terakhir dari daftar 10 orang terkaya pemain Bitcoin adalah seorang mantan aktor cilik. Brock mendanai banyak perusahaan mata uang virtual ternama seperti Mastercoin, Coinbase, dan Ethereum.

Keberaniannya mengambil peluang lewat perusahaan-perusahaan mata uang virtual membuahkan hasil manis, dengan aset di cryptocurrency di kisaran US$ 700 juta (Rp 9,5 triliun)-US$ 1 miliar (Rp 13,6 triliun).

Itulah tadi daftar 10 orang terkaya dengan aset cryptocurrency terkaya dunia versi Forbes. Walaupun penuh dengan kontroversi, pada akhirnya mata uang virtual tetap diakui oleh dunia dan bahkan sampai menghasilkan banyak miliarder baru dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *