Klub Turki Ini Beli Pemain Pakai Bitcoin

Sebuah klub Turki sedang jadi buah bibir usai merampungkan transfer seorang pemain, dengan sebagian dana transfer bersumber dari mata uang elektronik bitcoin.

Harunustaspor, sebuah klub amatir di Turki, merekrut Omer Faruk Kiroglu. CNN Turki menyebut pesepakbola 22 tahun itu digaet dengan transfer 0,0524 bitcoin (saat ini di kisaran Rp 7.015.758) plus uang tunai 2.500 lira (sekitar Rp 8,8 juta).

Secara keseluruhan Harunustaspor mengeluarkan dana sebesar 4.500 lira (sekitar 15,9 juta), dengan catatan nilai Bitcoin saat ini relatif fluktuatif.

“Kami melakukannya agar nama kami dikenal di negeri ini dan juga di dunia. Ini merupakan hal pertama di Turki dan juga di bursa transfer dunia,” kata Presiden Harunustaspor Haldun Sehit kepada NTV Spor yang dikutip¬†Four Four Two.

“Nama kami disebut-sebut di televisi seperti kami ini sudah jadi klub profesional saja. Kami bangga dengan hal tersebut,” ucapnya.

Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk elektronik yang tidak punya fisik sama sekali. Tidak ada koin bitcoin seperti mata uang konvensional. Bitcoin, sama seperti mata uang digital lainnya, disimpan di internet.

“Ini merupakan hal pertama buat saya dan juga di dunia. Seperti yang dikatakan oleh presiden saya, kami melakukan sesuatu yang baru. Saya membuka diri pada hal-hal baru. Saya harap kesepakatan ini menguntungkan kedua belah pihak,” kata Kiroglu menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *