Kenaikan Harga Bitcoin Buat “Kilau” Emas Semakin Pudar, Benarkah?

Lonjakan harga bitcoin belum dapat membuat investor melepas emas, karena tidak adanya bukti eksodus massal dari logam merupakan tempat yang aman. Meskipun telah terjadi penurunan harga baru-baru ini, menurut penelitian yang dikeluarkan oleh Goldman Sachs minggu ini.

Kepala riset komoditas global Goldman Sachs Jeffrey Currie mengatakan, investor yang ingin berinvestasi di dua aset tersebut sangat berbeda, sehingga melindungi permintaan emas. Pasalnya, ada kekhawatiran dari beberapa di pasar komoditas bahwa permintaan emas bisa tergelincir saat terjadi lonjakan pada harga bitcoin, mengingat kedua aset tersebut disukai oleh investor, dengan pola pikir serupa, yang secara umum tidak percaya aset tradisional.

Melansir Bussinesinsider, Emas telah turun ke level terendah dalam hampir enam bulan dalam beberapa hari terakhir. Beberapa analis pun menyalahkan lonjakan bitcoin akan penurunan itu. Kepala strategi makro di ACG Analytics, Larry McDonald, mengatakan dia yakin meningkatnya permintaan bitcoin telah mendorong harga logam mulia tersebut ke level yang lebih rendah.

Ditambah lagi, dengan adanya kontrak berjangka bitcoin CBOE yang diluncurkan minggu ini, semakin membuat banyak investor komoditas bertanya, apakah bitcoin akan mengambil investor emas? Meski demikian, Currie yakin mereka tidak berhubungan.

Pasalnya, tidak penarikan emas yang bisa dilihat dari ETF. Memang, total kepemilikan ETF emas baru-baru ini mencapai tingkat tertinggi sejak pertengahan 2013, naik 12% YTD. Namun, ini disebabkan karena investor reksa dana adalah pemegang ETF emas terbesar. Tapi, Currie menyatakan tidak ada bukti adanya penarikan massal dari emas.

Menurutnya, dinamika dan karakteristik kedua aset tersebut juga sangat berbeda. Di mana bitcoin memiliki persediaan total matematis, dan emas memiliki pasokan terbatas di perut bumi, bahkan pemeriksaan sepintas menunjukkan dinamika pasar yang sangat berbeda.

“Kami percaya komposisi permintaan antara bitcoin dan emas merupakan selisih utama dalam aksi harga baru-baru ini. Dalam pandangan kami, bitcoin menarik lebih banyak arus masuk spekulatif yang relatif terhadap emas,” tukas dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *