Kegilaan-kegilaan yang Muncul Gara-gara Bitcoin

Sebagai mata uang yang baru beredar selama beberapa tahun saja, bitcoin sukses menyita perhatian masyarakat di seluruh dunia. Kehadirannya yang sangat fenomenal mencatatkan berbagai cerita dan kisah menarik di kalangan penggunanya.

Salah satu kisah yang cukup lucu datang dari kota kecil Vicco di Kentucky. Seorang kepala kepolisian Tony Vaughn `ngotot` meminta gajinya dibayarkan dalam bentuk bitcoin.

Dia pun mengajukan surat permohonan resmi agar dirinya bisa memperoleh bitcoin sebagai pendapatan. Selain Vaughn, kisah menarik datang dari pria muda asal Norwegia Kristofer Koch justru mampu membeli apartemen yang cukup mewah setelah dia lupa telah menyimpan bitcoin dalam waktu lamanya.

Tak hanya fenomenal, bitcoin juga populer sebagai mata uang yang cukup kontroversial. Bitcoin dikenal tidak berbadan hukum seperti mata uang lainnya dan potensi hilangnya sangat tinggi.

James Howells tercatat kehilangan seluruh bitcoin miliknya setelah dia membersihkan komputer pribadinya dari serangan virus. Seluruh bitcoin miliknya lenyap tanpa jejak.

Berikut kegilaan-kegilaan lain dari bitcoin yang menarik untuk disimak seperti dikutip dari Hazard Herald, Motheboard Vice, USA Today, dan sejumlah sumber lainnya Kamis (16/1/2014):

1 dari 8 halaman

Pakai Bitcoin, harga pizza bisa naik hingga Rp 97 juta dalam tiga tahun

Saat baru pertama diterbitkan di Amerika Serikat (AS), bitcoin masih setara dengan hitungan sen di Negeri Paman Sam tersebut. Tiga tahun lalu, saat bitcoin resmi diluncurkan pada Februari 2010, satu bitcoin masih bernilai US$ 0,03 atau Rp 364 (kurs: Rp 12.118 per dolar AS).

Saat itu, seorang pemilik bitcoin bernama Laszlo ingin mencoba memperoleh makan malam dengan mata uang virtual tersebut. Dia pun memasang tulisan di forum BitcoinTalk.org untuk memesan dua porsi pizza.

Dalam tulisannya, dia mengatakan ingin memesan 2 dus pizza ukuran besar, tak masalah jika bukan dari restoran dan merupakan hasil masakan pribadi. Yang paling penting, pengirimnya mau dibayar dengan menggunakan bitcoin.

Tawarannya sangat besar, dia rela memberikan 10 ribu bitcoin untuk siapapun yang mengantarkan pizza ke rumahnya. Menarik, seorang pria Inggris memenuhi tawarannya dan membelikan dia pizza Papa John’s yang dikirimkan langsung ke rumah Laszlo.

Sesuai dengan janjinya, Laszlo menyerahkan 10 ribu bitcoin yang dimilikinya pada pria tersebut. Saat ini, harga 1 bitcoin sudah berada di sekitar level US$ 800 atau Rp 9.700.

Artinya, harga dua bungkus pizza yang pernah dibeli Laszlo telah melonjak tajam menjadi Rp 97 juta hanya dalam kurun waktu tiga tahun saja. Harga yang sangat `gila` untuk dua bungkus pizza. Pembayaran tersebut sekaligus menjadi proses transaksi bitcoin pertama di AS.

2 dari 8 halaman

Seorang polisi di Kentucky ngotot gajinya dibayar dengan menggunakan bitcoin

Setiap harinya, bitcoin tak henti-henti menjadi topik utama di berbagai media. Sebagian masyarakat yang penasaran mulai membelinya sementara sebagian lainnya tidak tertarik dan memilih menghindarinya.

Salah satu topik menarik datang dari kota kecil di Vicco, Kentucky. Kepala Kepolisian di Vicco, Tony Vaughn menjadi topik utama pemberitaan nasional setelah dia mengajukan permohonan agar gajinya dibayarkan dalam bentuk bitcoin.

Permohonan itu diajukan karena Vaughnn melihat harga satu bitcoin yang melambung hingga lebih dari US$ 1.000 pada November 2013. Permohonannya dikabulkan sekaligus dan Vaughn menjadi pegawai pemerintah pertama yang dibayar dengan menggunakan mata uang virtual.

3 dari 8 halaman

Bayar kuliah pakai bitcoin

Meski masih sangat kontroversial, University of Nicosia di Cyprus menerima pembayaran bitcoin untuk kuliah di jenjang S2. Program perkuliahan yang ditawarkan hanya tersedia di jurusan ilmu pengetahuan.

Universitas tersebut secara terbuka menerima pembayaran uang kuliah dalam bentuk bitcoin. Negara ini memang terkenal sebagai pusatnya transaksi bitcoin di seluruh dunia mengingat banyaknya fasilitas di berbagai bidang yang dapat diperoleh dengan mata uang digital tersebut.

4 dari 8 halaman

7.500 bitcoin lenyap tanpa jejak

Mengingat bitcoin tidak berada di bawah naungan lembaga keuangan resmi di suatu negara dan tidak diterbitkan bank sentral, kehilangannya sudah pasti menjadi tanggung jawab pribadi. Tidak adanya payung hukum yang mengatur peredaran bitcoin membuat hilangnya mata uang tersebut sulit dilacak.

Bitcoin yang disimpan dalam hardisk komputer pemiliknya dapat hilang begitu saja jika perangkat keras tersebut terkena virus atau diretas pihak lain. Kisah suram ini telah menimpa seorang pengguna bitcoin bernama James Howells.

Pria ini menyimpan 7.500 bitcoin dalam hard drive-nya. Saat tengah membersihkan file-file di komputernya dari virus, tanpa disangka-sangka, dokumen bitcoin miliknya ikut terhapus. Tanpa jejak, uang digitalnya lenyap begitu saja.

5 dari 8 halaman

Gara-gara lupa punya bitcoin, pria Norwegia bisa membeli apartemen

Pria berkebangsaan Norwegia, Kristofer Koch merupakan salah satu pengguna bitcoin yang meraup untung besar-besaran karena sempat lupa dirinya memiliki mata uang virtual tersebut.

Pada 2009, Koch membeli 5.000 bitcoin seharga US$ 27 atau Rp 327.200 hanya untuk sekadar iseng. Dia pun menyimpannya di komputer dan melupakannya begitu saja.

Siapa sangka, dalam rentang waktu pembelian hingga Oktober 2013, harga bitcoin telah meroket sangat cepat. Korch pun ingat bahwa dirinya mengantongi banyak bitcoin.

Dia lalu menjual 1.000 bitcoin yang dimilikinya dan berhasil membeli sebuah apartemen mahal di Oslo. Kadang melupakan sesuatu ternyata tak selalu berdampak negaif.

6 dari 8 halaman

Pasangan yang hidup dengan bitcoin paska menikah

Menikah dan hidup bersama bukan hal yang luar biasa di mata sebagian besar masyarakat dunia. Tetapi apa jadinya, jika setelah menikah sepasang suami istri tidak menggunakan uang tunai dan kartu kredit/debit untuk memenuhi seluruh keperluan hidupnya?.

Austin Craig dan Beccy Bingham merupakan pasangan suami istri yang membuat geger masyarakat global dengan aksinya untuk hidup selama 90 hari hanya dengan bitcoin. Petualangan hidup keduanya dengan menggunakan bitcoin dimulai pada Juli 2013.

Keduanya lalu membuat film dokumenter petualangannya tersebut dan terus menerus memperbarui kondisi keduanya di blog untuk para pengikutnya. Video berjudul `Life on Bitcoin` tersebut dangat populer.

7 dari 8 halaman

Anda bisa terbang dan merawat kecantikan dengan bitcoin

Miliarder Richard Bransen yang terkenal dengan berbagai gagasan segarnya ternyata sangat antusias pada kemunculan bitcoin sebagai mata uang.

Dia pun mulai menunjukkan gebrakannya dengan menerima bitcoin sebagai alat pembayaran petualangan wisata ruang angkasa.

Paket tersebut hanya tersedia untuk para miliarder. Tak hanya bisa terbang dengan menggunakan bitcoin, para penggunanya juga bisa terlihat lebih cantik berkat mata uang tersebut.

Vanity Plastic Surgery di Miami, Florida menerima transaksi bitcoin untuk operasi kecantikan dan berbagai perawatan kulit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *