Fitur Baru Opera Lindungi Mobile Browser dari Penambangan Bitcoin

Serangan malware yang bertindak sebagai penambang cryptocurrency atau mata uang digital seperti bitcoin menjadi topik yang banyak dibicarakan di dunia keamanan siber.

Baru-baru ini, Opera menjadi browser besar pertama yang menambahkan fitur perlindungan terhadap penambangan cryptocurrency dalam produk desktop-nya. Kini, Opera juga meluncurkan fitur tersebut di semua mobile browser untuk melindungi ratusan juta pengguna browser smartphone.

“Ketika Anda menjelajahi web, tidak ada petunjuk visual yang menandakan bahwa perangkat Anda sedang dibajak untuk melakukan kegiatan penambangan cryptocurrency,” kata VP Product Marketing Opera, Jan Standal dalam keterangan resminya, Senin (22/1).

Berdasarkan beberapa laporan seperti yang disampaikan Opera, pada saat ini ada lebih dari 3 juta web yang rawan terhadap cryptojacking (penggunaan perangkat komputer pengguna oleh orang lain secara rahasia untuk menambang cryptocurrency), sehingga kebutuhan untuk perlindungan ekstra menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Dengan memblokir scripts penambangan, Opera memastikan smartphone penggunanya tetap berjalan dengan lancar dan memiliki baterai cukup untuk hal yang betul-betul diinginkan atau yang perlu dilakukan.

Bagaimana cara kerjanya? Fitur baru perlindungan penambangan cryptocurrency itu akan langsung aktif ketika fitur ad blocker di Opera Mini dan Opera untuk Android dihidupkan. Fitur ad blocker dapat diaktifkan di “Pengaturan” dan akan secara langsung mengenali serta menghentikan scripts penambangan yang tertanam di dalam coding sebuah web.

Untuk memudahkan mengetahui apakah browser Anda terpengaruh oleh penambangan cryptocurrency tidak diinginkan, Opera juga membuat web yang dapat memeriksa hal tersebut secara aman dengan alamat www.cryptojackingtest.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *