Di Ajang WEF, Pengusaha ini Sebut Bitcoin Bakal Tamat

Seorang pengusaha keuangan terkemuka meramalkan bahwa umur bitcoin tidak akan lama karena mata uang virtual itu bisa digunakan untuk aktivitas kriminal.

“Bitcoin dan juga mata uang-mata uang crypto lainnya menjadi cara bagi para diktator jahat dan kriminal untuk menghindari sanksi,” kata Bill Browder, Chief Executive Officer (CEO) Hermitage Capital, di sela penyelenggaraan World Economic Forum in Davos, Swiss, Selasa (23/1).

Browder dikenal sebagai musuh rezim Presiden Rusia Vladimir Putin. Pengusaha kelahiran Chicago itu berperan penting dalam disahkannya Magnitsky Act, undang-undang yang menerapkan saksi terhadap Rusia setelah penasihat hukum Hermitage Capital, Sergei Magnitsky, tewas di tahanan polisi Rusia.

Mata uang crypto memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi secara aman dan semi-anonim, sehingga menjadi alternatif transfer dana bagi para penjahat.

Karena bitcoin tidak di bawah kendali negara atau badan tertentu, penggunaannya nyaris tanpa hambatan hukum.

“Dari perspektif para politisi di seluruh dunia, mereka tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Pada akhirnya mereka akan menerapkan regulasi untuk mata uang crypto,” kata Browder.

“Anda tidak boleh menarik lebih dari US$ 10.000 dari bank tanpa melaporkannya kepada pemerintah, dan dengan cara yang sama orang-orang tak akan diperbolehkan menarik bitcoin senilai US$1 juta dan memindahkannya dari Rusia ke Swiss.”

Begitu hal tersebut terjadi, bitcoin dan mata uang crypto lainnya akan kehilangan kualitas yang begitu menarik perhatian para investor pada 2017, kata Browder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *