CEO Twitter Ramal Bitcoin Jadi Mata Uang Dunia

CEO Twitter, Jack Dorsey meramalkan jika satu dekade ke depan, mata uang bitcoin akan menggantikan seluruh mata uang dunia.

Dorsey yakin jika bitcoin pada akhirnya akan mengatasi segala macam hambatan transaksi keuangan yang diadopsi global selama ini.

Meskipun saat ini, penggunaan bitcoin masih terkendala volatilitas atau harga yang gampang naik dan turun, terutama akibat pelarangan iklan di beberapa platform dan penolakan di beberapa negara.

Kemudahan transaksi dan ketersedian penggunaan juga menjadi tantangan besar cryptocurrency atau mata uang virtual.

Dorsey memperkirakan, setelah nanti bitcoin menjadi mata uang yang dapat membuat transaksi jadi lebih sederhana, lalu para penyedia layanan dan produk mulai menerimanya, maka akhirnya cyptocurrency ini kemungkinan akan menjadi lebih stabil.

Dalam beberapa bulan terakhir, Dorsey pun memperkenalkan mata uang virtual di dalam startup barunya yang bergerak di bidang sistem pembayaran mobile peer-to-peer bernama “Square” yang ia dirikan bersama Jim McKelvey tahun 2010.

Sayangnya, jabatan ganda yang dipangku Dorsey menimbulkan pandangan miring dari beberapa pengamat industri. Mereka menduga, dengan jabatan double CEO, akan membuat Dorsey tertekan, dan melibatkannya dalam konflik kepentingan.

Dorsey disebut kesulitan berpikir secara objektif untuk membuat keputusan tentang iklan cyptocurrency di platform Twitter, sebagaimana KompasTekno himpun dari Android Headlines, Jumat (23/3/2018).

Sebab, beberapa platform lain seperti Google, Facebook dan Snapchat cukup tegas melarang mekanisme penerbitan koin perdana (ICO), serta iklan yang berkorelasi dengan blockchain. Namun Dorsey memiliki jawaban lain.

Ia bersikeras jika bitcoin merupakan transformasi teknologi, yang tidak jalan di tempat, tetapi akan mengganti semua metode pembayaran.

Twitter sendiri meraup untung pada kuartal pertama tahun 2018 setelah dirundung kerugian beruntut selama 12 tahun.

Namun surplus tersebut didapatkan dari penghematan anggaran, bukan peningkatan pendapatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *