Bitcoin Turun Tajam, dalam 24 Jam Kehilangan Nilai Seperempat

Masa gemilang Bitcoin kini mulai guncang, nilainya turun tajam setelah meningkat luar biasa dan menggiurkan di awal Desember.

Menurut CoinMarketCap, saat ini diperdagangkan di $ 12,874. Angka ini berarti nilainya terjun seperempat dalam 24 jam terakhir ini.

Padahal nilai Bitcoin di awal Desember hampir dua kali lipat dari US$10.240 sampai US$19.994.

Penurunan nilai Bitcoin diikuti koin lainnya: Ethereal turun 27,4 persen, Bitcoin Cash turun 36,3 persen, Ripple turun 6,2 persen dan Litecoin turun 29 persen dalam 24 jam terakhir.

Tidak ada penjelasan jelas untuk penurunan harga ini.

Akhir-akhir ini cukup banyak pemberitaan tentang Bitcoin, termasuk pengumuman peraturan kripto-kardiak Rusia yang baru-baru ini.

Diduga pemicunya adalah kenaikan harga Bitcoin Cash, yang baru-baru ini tercatat di Coinbase. Koin ini, disebut-sebut oleh beberapa orang terkemuka di komunitas kripto sebagai alternatif Bitcoin yang lebih baik.

Selain itu, diprediksi juga pergeseran minat penggemar Bitcoin pada Ripple. Cyptocurrency yang baru masuk ke pasar yang nilainya naik tajam mencapai 60 persen.

Bitcoin Cash is Bitcoin.
Bitcoin Core is not. pic.twitter.com/DAqKNKYRLr

— Roger Ver (@rogerkver) December 20, 2017

Tapi apa pun pemicunya, jatuhnya nilai Bitcoin ini dianggap sebagai koreksi yang sangat dibutuhkan dari pasar yang terlalu panas.

Koreksi tersebut menyapu sekitar US$179 miliar dari total tutup pasar semua kriptocurrencies, yang sekarang $471 miliar.

Harga Bitcoin naik sekitar 30 persen sejak 1 Desember, dan 1.300 persen sejak awal tahun. Bitcoin dirancang Satoshi Nakamoto pada 2009.

Cryptocurrencies sangat tidak stabil, dan penurunan nilai mendadak sebesar ini telah terjadi sebelumnya, dan kemungkinan besar akan terjadi lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *