Bank Virtual Bitcoin Dibobol Hacker Hingga Bangkrut

Flexcoin, yang dikenal sebagai salah satu bank virtual Bitcoin dilaporkan telah diserang hacker dan berhasil menggondol Bitcoin hampir senilai US$ 600 ribu atau sekitar Rp 6,9 milyar (kurs US$ 1 = Rp 11.595).

“Pada 2 Maret 2014, sistem Flexcoin diserang dan semua koin yang ada di dompet panas dirampok. Penyerang berhasil membawa kabur 896 Bitcoin,” kata Flexcoin di situs resminya.

Atas kejadian ini, Flexcoin memutuskan akan segera menutup perusahaan karena sudah tidak lagi memiliki sumber daya, aset, dan tidak mampu menutupi kerugian. “Nasabah yang menyimpan deposito telah diasuransikan atau dijamin, sama seperti yang dilakukan oleh bank pada umumnya,” tambah Flexcoin.

Mengutip laman Bangkok Post, Rabu (5/3/2014), saat ini perusahaan yang bermarkas di Alberta, Kanada tersebut mengatakan akan mencoba untuk bekerja sama dengan penegak hukum guna melacak para pelaku.

Sebelumnya kasus serupa juga pernah menimpa sebuah bank Bitcoin pada akhir tahun 2013. Hackeryang diketahui berjuluk `Tradefortress` berhasil membobol sebanyak 4.100 bitcoin senilai US$ 1,3 juta.

Pihak berwajib menolak menyebut nama asli hacker tersebut kepada wartawan, dan hanya mengatakan pelakunya adalah seorang laki-laki berusianya tidak lebih dari 18 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *