Bagi-bagi Bitcoin buat Mahasiswa MIT

Klub Bitcoin di Massachusetts Institute of Technology (MIT), perguruan tinggi teknik terkemuka di Amerika Serikat, berencana buat membagikan Bitcoin kepada setiap mahasiswa S1.

Pada semester musim gugur 2014 diharapkan setiap mahasiswa akan mendapatkan mata uang digital senilai USD 100. Klub di MIT tersebut sudah mengumpulkan dana senilai US$500.000 dari dua ribu orang donor, yang terdiri dari alumni MIT dan komunitas Bitcoin.

Bitcoin adalah sistem mata uang elektronik yang terdesentralisasi dan tidak memiliki otoritas terpusat, seperti bank sentral. Saat ini mata uang elektronik tersebut tidak hanya digunakan untuk pembayaran, tetapi juga investasi dan spekulasi.

Proyek pembagian Bitcoin kepada mahasiswa MIT tersebut diharapkan tidak hanya dapat mendorong adopsi Bitcoin, tetapi juga mencetuskan penggunaan baru dan inovatif.

Seperti dituturkan kepada Mashable, presiden klub Bitcoin MIT menyebutkan langkah tersebut tidak sepenuhnya bebas dari risiko. Namun terdapat potensi yang sangat besar.

“Ini memungkinkan mereka [para mahasiswa] untuk mengalami sendiri teknologi baru, mengutak-atik dan mencipta. Kami sangat antusias buat melihat apa yang bisa mereka buat,” tegasnya.

Elitzer menyebutkan juga bahwa saat ini baru sedikit tempat-tempat di sekitar MIT yang menerima pembayaran Bitcoin. Namun dia yakin ribuan mahasiswa dengan uang bernilai sekitar setengah juta dolar akan menarik perhatian para pedagang setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *